Peringatan Isra Mi’raj (27 Rajab 1444 H) di SMK PSM 2 Takeran

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya di penjuru dunia seluruh umat Islam memperingati peristiwa besar (Isra’ Mi’raj) dengan berbagai caranya. Seperti halnya di SMKPSM 2 Takeran acara peringatan isra’ mi’raj juga diadakan.

Bertempat di Aula SMK PSM 2 Takeran acara peringatan isra’ mi’raj berlangsung dengan penuh hikmat dan antusiasme para siswa serta guru dan karyawan sekolah yang hadir. Acara diawali dengan pembacaan sholawat yang dilantunkan oleh grup banjari SMK PSM 2 Takeran dilanjut dengan pembacaan kalam Ilahi dan sabutan dari kepala sekolah Bapak Katam Aries Munandar, S.E. Untuk tausiyah sendiri pihak panitia menghadirkan Dr. Habibi Al Amin yang merupakan salah satu dosen ternama di Madiun. Dalam ceramahnya, Dr. Habibi Al Amin menceritakan tentang perjalanan malam Rosullallah SAW saat isro’ mi’raj. Yang pada intinya kita sebagai umat Islam harus percaya bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. Walaupun secara logika sangat sulit diterima. Dan ini menunjukkan Bahwa betapa agungnya sang maha pencipta Allah SWT.

Isra Mi’raj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam saja. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.

Peristiwa Isra Mi’raj terbagi dalam dua peristiwa yang berbeda. Dalam Isra, Nabi Muhammad SAW “diberangkatkan” oleh Allah SWT dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Lalu dalam Mi’raj Nabi Muhammad SAW “dinaikkan” ke langit sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi. Di sini Rosulullah SAW mendapat perintah langsung dari Allah SWT untuk menunaikan sholat lima waktu.

Bagi umat Islam, peristiwa tersebut merupakan peristiwa yang berharga, karena ketika inilah sholat lima waktu diwajibkan, dan tidak ada Nabi lain yang mendapat perjalanan sampai ke Sidratul Muntaha seperti ini. Sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk memperingati, mengenang, dan mengagungkan peristiwa Isra Mi’raj yang teramat bersejarah sepanjang peradaban kehidupan manusia.

Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa kita petik dari peristiwa isra mi’raj ini. Dengan acara peringatan tersebut, di harapkan siswa SMK PSM 2 Takeran menjadi generasi yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, melainkan juga religius dalam menyebarkan kebaikan. Dan SMK PSM 2 Takeran sebagai instansi pendidikan, akan konsisten dalam memfasilitasi seluruh kegiatan sekolah, guna untuk mencetak generasi  tangguh, berakhlak mulia yang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi & zaman.

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *