Pembelajaran Materi PKn Melalui Pop up Book
PENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DALAM PELAJARAN PPKN PADA MATERI FUNGSI DAN KEDUDUKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA, IDEOLOGI NEGARA, IDENTITAS NEGARA MELALUI POP UP BOOK
DI SMKS PSM 2 TAKERAN – KABUPATEN MAGETAN
Abstrak :
Penelitian ini didasarkan pada pemahaman materi pada generasi digital
yang masih rendah pada pelajaran PKN. Pemahaman materi yang rendah tersebut mengakibatkan pada hasil belajar Peserta didik juga rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman materi Peserta didik yang nantinya akan berpengaruh pada hasil belajar Peserta didik yang juga akan meningkat. Subyek penelitian ini yaitu kelas X sebanyak 19 Peserta didik. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan jumlah ketuntasan Peserta didik dalam pelajaran PKN materi Fungsi dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan identitas negara. Saat pretest yang tidak tuntas 53% dan yang tuntas 47% , setelah posttest mengalami kenaikan ketuntasan menjadi 90%.